RSS

TUGAS IPS TENTANG PENGERTIAN DESA, PERDESAAN, KOTA DAN PERKOTAAN








Disusun Oleh  :

             NAMA : Puti Ekowati Utami
             NIM   : 063161111047
             Kelas  :  PGSD B

           UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI
      FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN  
 JL.R.SYAMSUDIN, SH. No. 50. TLP. (0266) 218342/218345, FAX. (0266) 218345                                                                                                                                                                                                     Website : www.ummi.ac.id e-mail : info@ummi.ac.id















DESA
Pengertian Desa secara umum
            Desa adalah bentuk pemerintahan terkecil yang ada di negeri ini, luas wilayah desa biasanya tidak terlalu luas dan di huni oleh sejumlah keluarga, mayoritas penduduknya bekerja di bidang agraris, dan tingkat pendidikannya cenderung rendah, karena jumlah penduduknya tidak begitu banyak, maka biasanya hubungan kekerabatan antara masyarakatnya terjalin kuat, para masyarakatnya juga masih percaya dan memegang teguh adat dan tradisi yang di tinggalkan para leluhur mereka.
Pengertian Desa menurut Bintarto
            Desa merupakan perwujudan atau kesatuan geografi, sosial, ekonomi, politik, kultural yang terdapat disitu ( suatu daerah) dalam hubungannya dan pengaruhnya secara timbal balik dengan daerah lain.
PERDESAAN
            Perdesaan adalah wilayah yang mempunyai kegiatan utama pertanian termasuk pengelolaan sumber daya alam dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pemukiman perdesaan, pelayanan jasa, pemerintahan, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi
            Perdesaan adalah sekelompok orang yang hidup bersama dan bekerjasama yang berhubungan secara erat tahan lama dengan sifat-sifat yang hampir sama ( homogen ) di suatu daerah atau wilayah tertentu dengan bermata pencaharian dengan sektor pertanian ( Agraris ).
PERSAMAAN DESA DENGAN PERDESAAN
1.    Mempunyai pergaulan hidup yang saling kenal mengenal antara ribuan jiwa
2.    Mempunyai pertalian batin yang kuat antar sesama warga ( bahwa seorang merasa merupakan bagian yang tak dapat dipisahkan dari masyarakat dimana dia dicintai dan bersedia untuk berkorban setiap waktu demi masyarakatnya, karena beranggapan saling menghormati, menghargai dan mempunyai hak tanggung jawab yang sama terhadap keselamatan dan kebahagiaan bersama masyarakat.
3.    Ada pertalian perasaan yang sama tentang kesukaan terhadap kebiasaan
4.    Ada hubungannya dengan perasaan kasih sayang cinta, kesetiaan, dan kemesraan perwujudannya dalam sikap dan perbuatan tolong menolong menyatakan simpati terhadap musibah yang di derita orang lain dan menolongnya tanpa pamrih.         
PERBEDAAN DESA DENGAN PERDESAAN
1.    Dari populasi masyarakat
2.    Infrastruktur Pembangunan
3.    Kesejahteraan Masyarakat
4.    Dari  arti perdesaan adalah daerah pemukiman penduduk yang sangat di pengaruhi oleh kondisi tanah, iklim dan air sebagai syarat penting terwujudnya pola kehidupan agraris sedangkan perdesaan adalah daerah ( kawasan )desa.
5.    Sebagian besar masyarakat perdesaan hidup dari pertanian 3 sistem kehidupan umumnya berkelompok dengan dasar kekeluargaan.
KOTA
Pengertian Kota
          Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukan oleh kumpulan rumah yang mendominasi tata ruangan dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri
            Kota juga merupakan sebuah area urban yang berbeda dari desa atau kampung berdasarkan ukurannya kepadatan penduduk, kepentingan, kegiatan atau status hukum
Pengertian Kota menurut Binarto
          Kota merupakan suatu sistim jaringan kehidupan yang di tandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan di warnai dengan strata ekonomi yang heterogen dan bercorak matrealistis.


PERKOTAAN
            Pekotaan adalah suatu perkembangan kota yang melibatkan seluruh elemen-elemen didalamnya yang menyangkut kota itu sendiri. Perkotaan juga merupakan wilayah yang mempunyai kegiatan utama bukan pertanian dengan susunan fungsi kawasan sebagai tempat pemukiman perkotaan, pemusatan dan distribusi pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial dan kegiatan ekonomi.
PERBEDAAN KOTA DENGAN PERKOTAAN
1.    Pola kepemimpinan
2.    Terdapat perbedaan dari roda perdagangan contohnya : pasar
3.    Kepadatn penduduk dan besarnya wilayah
4.    Ketidaksamaan dalam hal pembangunan antara kota dan perkotaan baik dari segi sarana dan prasarana dan infrastruktur.
5.    Kehidupan keagamannya berkurang, kadangkala tidak terlalu dipikirkan karena memang kehidupan yang cenderung kearah keduniaan saja
6.    Apabila penghuni setempatnya dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan ekonominya di pasar lokal.
PERSAMAAN KOTA DENGAN PERKOTAAN
1.    Sama-sama terdiri dari berbagai kelompok ( komunitas )
2.    Terdiri dari berbagai masyarakat yang memiliki latar belakang, baik suku, agama, ras, dan kebudayaan yang berbeda.
3.    Memiliki sifat individualis, egois dan mementingkan kehidupan pribadinya
4.    Masyarakat kota memperlihatkan sifat yang lebih mementingkan rasionalitas dan sifat rasional
5.    Masyarakat kota lebih memperlihatkan sifat heterogen
6.    Kota adalah suatu pemilihan yang cukup besar, padat, dan permanen, dihuni oleh orang-orang yang heterogen kedudukan sosialnya.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar