Di susun oleh :
Puti Ekowati Utami
(063161111047)
PENDIDIKAN
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan
potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta
keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. melalui
pendidikan, setiap peserta didik difasilitasi, dibimbing dan dibina untuk
menjadi warga negara yang menyadari dan
merealisasikan hak dan kewajibannya. Pendidikan juga merupakan alat yang ampuh
untuk menjadikan setiap peserta didik dapat duduk sama rendah dan berdiri sama
tinggi.
Pengertian Pendidikan menurut para ahli
Profesor
Gurrey
Pendidikan adalah untuk
menggali dan mengambil segala seni dan pengetahuan yang amat luas, Pendidikan ialah proses mengeluarkan manusia
yang mempunyai kebudayaan dan pengetahuan yang luas
W.O.I
Smith
Pendidikan adalah suatu
proses menyampaikan segala anasir- anasir kehidupan suatu masyarakat kepada
generasi mudanya bagi melanjutkan warisan anasir-anasir itu agar dapat
dipertinggikan dan disampaikan pula kepada generasi lain
Sir
Francis Beacon
Pendidikan bukanlah tujuan
akhir untuk mencetak generasi ilmuan yang mengenal ilmu dengan cara meniru
sistem tradisional yang telah ada
IPS ( ILMU
PENGETAHUAN SOSIAL)
menurut Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan, Ilmu Pengetahuan Sosial yaitu :
Merupakan salah satu mata pelajaran yang
diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/Mts/SMPLB mengkaji seperangkat
peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial dan
terdiri dari materi geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi sehingga siswa
menjadi warganegara Indonesia yang demokrasi dan bertanggungjawab, serta
menjadi warga dunia yang cinta damai. (Depdiknas,2007:18)
Pengertian
IPS menurut para ahli
Menurut
Mulyono Tj. (1980:8)) IPS
adalah merupakan suatu pendekatan interdisipliner
(Inter-disciplinary Approach) dari pelajaran Ilmu-ilmu Sosial. IPS merupakan
integrasi dari berbagai cabang Ilmu-ilmu Sosial, seperti sosiologi, antropologi
budaya, psikologi sosial, sejarah, geografi, ekonomi, ilmu politik, dan
sebagainya
Menurut
Saidiharjo (1996:4)). IPS
merupakan hasil kombinasi atau hasil pemfusian atau perpaduan dari sejumlah
mata pelajaran seperti: geografi, ekonomi, sejarah, sosiologi, antropologi,
politik
S. Nasution mendefinisikan IPS
sebagai pelajaran yang merupakan fusi atau paduan sejumlah mata pelajaran
sosial. Dinyatakan bahwa IPS merupakan bagian kurikulum sekolah yang
berhubungan dengan peran manusia dalam masyarakat yang terdiri atas berbagai
subjek sejarah,ekonomi, geografi, sosiologi, antropologi, dan psikologi sosial.
PENGERTIAN PENDIDIKAN IPS
Pendidikan ips adalah
study terpadu dari ilmu sosial dan humaniora untuk mempromosikan kompetensi
sipil, dalam program sosial, study sosial terkoordinasi, menggambar istudy
sistematis pada disiplin sebagai antropolohi, arkeologi, ekonomi, geografi,
sejarah, huku,m, filsafat, ilmu politik, pshicology, agama dan sosiologi, serta
konten yang sesuai dari humaniora, matematika dan ilmu alam
Pendidikan ips merupakan
padanan dari sosial studies dalam konteks kurikulum di amerika serikat,
pendidikan ips lebih menekankan pada aspek “ Pendidikan ” karena dalam
pembelajaran pendidikan ips peserta didik diharapkan memperoleh pemahaman
terhadap sejumlah konsep dan mengembangkan serta melatih sikap, nilai, moral
dan keterampilannya berdasarkan konsep yang telah dimilikinya.
PENGERTIAN PENDIDIKAN IPS MENURUT PARA AHLI
Menurut Prof. Nu’man
Soemantri
Pendidikan IPS adalah penyederhanaan adaptasi, seleksi, dan modifikasi
dari disiplin akademis ilmu-ilmu sosial yang diorganisasikan dan
disajikan secara ilmiah dan pedagogis-psikologis untuk tujuan institusional
pendidikan dasar dan menengah dalam kerangka mewujudkan
tujuan pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila Pendidikan IPS adalah seleksi dari struktur disiplin akademik
ilmu-ilmu sosial yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk mewujudkan
tujuan pendidikan dalam kerangka pencapaian
tujuan pendidikan nasional yang berdasarkan Pancasila
DAFTAR PUSTAKA
Mordianto, G. ( 2003). “ Social science dan Social Studies”. www.kompas.com/kompas-cetak/0305/26/opini
/308760.html (Diakses tanggal 25 April 2005).
Saidihardjo & Sumadi HS. (1996). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. ( Buku 1 ). Yogyakarta : FIP FKIP
Hasan, S.H. (1996).
Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial. Bandung : Jurusan Pendidikan Sejarah-FPIP SIKIP Bandung.
Al Muchtar, S. (2000). Epistemologi Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial. Bandung : Gelar Pustaka Mandiri.
0 komentar:
Posting Komentar